Senin, 22 September 2014

CONTOH LAPORAN PKL



LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
DI BPR BKK CAB.KARANGREJA KECKARANGREJA
KAB.PURBALINGGA
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Praktek Kerja Lapangan (PKL)
Pada Akademi Keuangan Perbankan Widya Buana Semarang






Disusun Oleh:
MUNIRUL ANWAR
B103110487

AKADEMI KEUANGAN PERBANKAN
WIDYA BUANA
SEMARANG
2014

HALAMAN PENGESAHAN

LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)
DI BPR BKK PURBALINGGA CAB.KARANGREJA KEC.KARANGREJA KAB.PURBALINGGA




DISUSUN OLEH:
MUNIRUL ANWAR
NIM: B103110487

Telah disetujui dan disahkan di : Semarang,………………………april 2014
 Pembimbing PKL                                                                   Pimpinan Instansi


Dra.LisWidowati, MM                                                           Priyadi Sugiyatno, S



KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapa tmenyelesaikan laporan Praktek Kerja Lapangan.
Penyusunan laporan praktek kerja lapangan ini tersusun atas dukungan berbagai pihak, untuk itu padakesempatan ini penulis ingin menyampaikan terimakasih kepada:
1.      Bapak Yudhi K. Noorhidayat, SE.MM, selaku direktur Akademi Keuangan Perbankan Widya Buana Semarang
2.      IbuDra. LisWidowati, MM, selaku asisten direktu I Akademi Keuangan Perbankan Widya Buana Semarang dan dosen pembimbing dalam penyusunan laporan praktek kerja lapangan
3.      Bapak Priyadi Sugiyatno, SE, selaku pimpinan cabang PD BPR BKK PURBALINGGA CAB. KARANGREJA  kec. Karangreja kab. purbalingga
4.      Karyawan dan Staff  PD BPR BKK PURBALINGGA CAB. KARANGREJA  kec. Karangreja kab. Purbalingga yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan laporan ini
5.      Orang tua, teman-teman, serta semua pihak yang membantu dan mendukung penulis dalam menyelesaikan laporan praktek kerja lapangan.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan praktek kerjal apangn ini masih kurang sempurna, karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dan mendukung demi kesempurnaan laporan ini.
Kami berharap semoga laporan praktek kerja lapangan ini dapat bermanfaat bagi semuap ihak, terutama dalam lingkungan Akademi Keuangan Perbankan widya buana semarang khususnya, dan masyarakat pada umumnya.

                                                                                             Semarang,   maret 2014


                                                                                                MUNIRUL ANWAR


 












DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL...………….………….….…………….….…….         I
HALAMAN PENGESAHAN…….………………………………..…        II
KATA PENGANTAR…………………………………………………       III
DAFTAR ISI…………………………….………...…………………..        IV

BAB I
 PENDAHULUAN
A.    LatarBelakang PKL…………………………………………….       1
B.     Tujuan PKL……………………………………………………..      1
C.     Kegunaan PKL……………………..…………………………...      1
D.    Pelaksanaan PKL………………………………………………..      2
E.     Metodologi Pengumpulan Data…………………………………      2
F.      Sistematika Laporan…………………………………………….      3

BAB II
GAMBARAN UMUM PD. BPR BKK PURBALINGGA CABANG KARANGREJA
A.     Profil PD. BPR BKK PURBALINGGA CABANG KARANGREJA..  4
B.     Tujuan PD. BPR BKK PURBALINGGA CABANG KARANGREJA..            4
C.     Lokasi PD. BPR BKK PURBALINGGA CABANG KARANGREJA.. 5
D.    Susunan Pengurus PD. BPR BKK PURBALINGGA CABANG KARANGREJA………………………………………………………....             6
E.     Deskripsi Tugas dan Tanggung jawab Susunan Pengurus…………  7

BAB III
PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN
A.    Pelaksanaan………………………………………………….…….   10
B.     Pembahasan…………………………………………………..……   10

BAB IV
PENUTUP
A.    Simpulan………………………………………………….………..  13
B.     Saran……………………………………………………………….  13
LAMPIRAN…………………………………………………………….....  15







 










BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang PKL
Untuk meningkatkan kuwalitas mahasiswa perguruan tinggi, tidaklah cukup hanya dengan dibekali sains (pengetahuan) saja, tetapi mahasiswa perlu dibekali dengan pengalaman di dunia kerja yang bersifat riil. Pengalaman ini mungkin tidak dapat diperoleh mahasiswa di bangku perguruan tinggi.
Dalam rangka memperoleh pengalaman yang bersifat riil ini, maka Akademi Keuangan Perbankan Widya Buana Semarang yang mempunyai program wajib bagi siswa untuk mengikuti kegiatan praktek kerja lapangan (PKL) atau magang di suatu instansi.

B.     Tujuan PKL
Tujuan kegiatan Praktek kerja lapangan antara lain:
1.      Untuk meningkatkan kuwalitas dan pengalaman mahasiswa di dalam dunia kerja yang sesungguhnya.
2.      Mendapatkan pengalaman  yang sebelumnya belum pernah di dapat di bangku kuliah.
3.      Melatih kedisiplinan dan tanggung jawab mahasiswa terhadap tugas yang di berikan.

C.    Kegunaan PKL
Kegunaan Praktek Kerja Lapangan sangat banyak sekali mulai dari pihak Akaddemi Keuangan Perbankan Widya Buana Semarang, sampai tempat PKL berlangsung. Berikut adalah Praktek Kerja Lapangan yang telah dilaksanakan :
1.      Bagi pihak Akademi Keuangan Perbankan
a.       Sebagai alat ukur mahasiswa dalam memahami matari-materi kuliah dan menerapkannya.
b.      Sebagai sarana untuk memperluas jaringan kerjasama antar pihak Akademi dengan pihak tempat PKL.
c.       Untuk menambah wawasan baru sebagai bahan pembanding pembelajaran terhadap pihak instansi tempat PKL berlangsung.
d.      Sebagai penilaian sejauh mana mahasiswa mampu terjun langsung didalam dunia kerja dan masyarakaat.
2.      Bagi Pihak PD BPR BKK Cabang Karangreja
a.       Sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil kebijakan baru antar akademi dan lembaga.
b.      Untuk menjalin kerjasama yang menguntungkan antara mahasiswa Akademi, dan Lembaga.
c.       Pihak lembaga merasa terbantu oleh peserta PKL.
3.      Bagi Mahasiswa
a.       Untuk menabah wawasan dan pengalaman dalam dunia kerja.
b.      Memperluas relasi/jaringan di dunia usaha yang nantinya menjadi tempat untuk informasi mengenai pekerjaan.
c.       Sebagai sarana menambah ilmu di luar perkuliahan mengenai dunia kerja

D.    Pelaksanaan PKL
Kegiatan Praktek Kerja Lapangan dilaksanakan selama 3 bulan mulai dari tanggal 06 januari 2014 sampai dengan 29 maret 2014, di PD BPR BKK Purbalingga cabang karangreja kabupaten purbalingga.

E.     Metodologi Pengumpulan Data
Metodologi Pengumpulan Data yang dilakukan untuk menyusun laporan Praktek Kerja Lapangan sebagai berikut
1.      Sumber Data Premier
Yaitu data yang diperoleh langsung dari Praktek Kerja Lapangan yang dicatat, diambil, dan dibahas.
Data ini diperoleh dengan cara Observasi dan Interview
a.       Observasi
Yaitu pengumpulan data dengan mengamati secara langsung, dalam hal ini penyusun terlibat langsung dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam Praktek Kerja Lapangan.
b.      Interview
Yaitu pengumpulan data dengan cara mewawancarai karyawan, mulai dari pimpinan cabang sampai staf.
2.      Sumber Data Sekunder
Yaitu berdasarkan kearsipan yang ada di tempat Praktek Kerja Lapangan.

F.     Sistematika Laporan
Sistematika adalah penjelasan isi dari setiap Bab, mulai dari Bab I hingga Bab IV. Dimana uraian ini memberikan gambaran langsung tentang sisi tiap-tiap Bab yang ada dalam lampiran ini, berikut sistematika dari laporan adalah:
1.      BAB I PENDAHULUAN
Bab ini membahas tentang Latar Belakang PKL, Tujuan PKL, Kegunaan PKL, Metodologi Pengumpulan Data, dan Sistematika Laporan.
2.      BAB II Gambaran Umum Tempat PKL
Bab ini berisi tentang profil, Fungsi dan tujuan, lokasi, susunan pengurus, system akuntansi yang di terapkan, setruktur organisasi, dan tugas masing-masing.
3.      BAB III Pelaksanaan dan Pembahasn PKL
Bab ini berisi tentang proses awal pelaksanaan PKL, tugas selama PKL, dan ketrampilan yang di dapat
4.      BAB IV Penutup
Pada Bab IV ini berisi tentang kesimpulan dan saran




BAB II
GAMBARAN UMUM PD PBR BKK PURBALINGGA KEC. KARANGREJA KAB. PURBALINGGA

A.    Profil PD. BPR BKK PURBALINGGA CABANG KARANGREJA
Dalam kehidupan bernegara, masyarakat Jawa Tengah khususnya kec.Karangreja kab.Purbalingga memiliki aktiva lancer maupun aktiva tetap berupa uang tunai (kas) dan mempunyai berbagai bentuk surat-surat berharga seperti SHM, BPKB motor, BPKB mobil, SK pegawai, dll.
Dalam jumlah kas yang banyak,  masyarakat tidak mungkin menyimpan kas tersebut di dalam rumahnya di karenakan tidak aman bagi keselamatan jiwa dan harta benda mereka, maka masyarakat menyimpan kas tersebut  di sebuah bank yang mereka percaya terhadap jasa pelayanannya agar terhindar dari tindakan kriminalitas dan mereka dapat menyimpannya dalam bentuk tabunganku, tamades maupun deposito dengan ketentuan masing-masing produk. Dan ketika mereka membutuhkan atau kekurangan modal mereka dapat meminjamnya dengan jaminan surat-surat berharga yang mereka miliki, Maka berdirilah sebuah bank yaitu BPR BKK PURBALINGGA CABANG KARANGREJA.
B.     Tujuan PD.  BPR BKK PURBALINGGA CABANG PURBALINGGA
Tujuan dari di dirikannya PD. BPR BKK PURBALINGGA CABANG KARANGREJA dapat dijelaskan sebagai berikut :
1.      Mengurang beban masalah perekonomian masyarakat.
2.      Mensejahterakan kehidupan masyarakat di berbagai bidang ekonomi.


C.    LOKASI PD. BPR BKK PURBALINGGA CABANG KARANGREJA
PD. BPR BKK PURBALINGGA CABANG KARANGREJA beralamat di JL.Raya Karangreja no.komplek kec.karangreja, kab. Purbalingga.




Gambar 1.Denahlokasi PD. BPR BKK PURBALINGGA CABANG KARANGREJA   




D.    Susunan Pengurus PD. BPR BKK PURBALINGGA CABANG KARANGREJA
Susunan pengurusnya adalah sebagai berikut :
1.      Pimpinan Cabang              : Priyadi Sugiatno
2.      Kasi kredit                                    : H. Suparyo
3.      Kasi pemasaran                 : Suharto
4.      Kasi pengawas kredit         : Sudarjo
5.      Kasi akuntansi                   : Menik Ekariani
6.      Teller                                 : Eti Mulyati
7.      Kasi Pelayanan dan dana  : Eli Kurniati
8.      Staff                                  : Gunawan Aprapto
Bagan Susunan Pengurus
Gambar 2.Susunan Pengurus PD. BPR BKK PURBALINGGA CABANG KARANGREJA
E.     Deskripsi Tugas dan Tanggung jawab Susunan Pengurus
a.       Pimpinan Cabang
Tugas Pimpinan Cabang antara lain :
·         Mengkoordinasikan semua sumber dana dibawah tanggung jawabnya untuk memaksimalkan pencapaian laba dan meminimalkan resikosehingga tercapai pertumbuhan optimal sesuai dengan target dan sasaran.
·         Mengawasi organisasi maupun administrasi keuangan
·         Menghadiri rapat yang diselenggarakan di kantor pusat
·         Membimbing para karyawan  agar kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar
·         Menyetujui dan menandatanani berkas dokumen
b.      Kasi Pemasaran
Tugas Kasi Pemasaran antara lain :
·         Menyurvei data lengkap calon nasabah kredit
·         Menginterview calon nasabah kredit terhadap data yang dibutuhkan untuk persyaratan kredit
·         Menyeleksi nasabah yang akan diberikan kredit atau tidak
·         Menghadiri rapat yang diselenggarakan di kantor pusat
·         Mengagenda surat permohonan kredit masuk
c.       Kasi Kredit
Tugas kasi kreditantara  lain :
·         Mengambil tabungan di beberapa desa
·         Melakukan analisa krredit
·         Mencatat setiap jenis aplikasi kredit yang masuk
·         Melakukan verifikasi ahir terhadap dokumen permohonan kredit dan agunan
·         Mengusulkan pecairan kredit
d.      Kasi Pengawasan Dan Penyelesaian Kredit
Tugas kasipengawasan dan penyelesaian kredit  antara lain :
·         Melakukan penanggulangan atas angsuran yang tidak lancar atau kredit bermasalah
·         Membuat surat keterangan tunggakan kredit kepada nasabah kredit yang macet
·         Memantau perkembangan penugasan staf kredit dan melakukan pembedayaan agar dicapai hasil yang optimal
·         Melaksanakan program pembinaan nasabah dan mitra
e.       Kasi akuntansi
Tugas kasi akuntansi antara lain :
·         Membuat laporan keuangan bulanan
·         Mengentri data mutasi kas ke dalam computer
·         Merekapitulasi  penerimaan dan pengeluaran kas
·         Menghitung setoran pajak penghasilan karyawan, pajak free, dan pajak bunga tabungan dan deposito
·         Menyusun rencana kerja dan anggaran perusahaan
f.       Teller
Tugas teller antara lain :
·         Menghitung dan menshortir kas
·         Melegalisasi bukti penerimaan dan pengeluaran kas
·         Melayani nasabah yang akan menabung, membayar angsuran kredit, dan deposito
·         Membuat pembukuan bukti penerimaan dan pengeluaran kas
g.      Kasi dana dan pelayanan
Tugas kasi dana dan pelayanan antara lain :
·         Mengisikan biodata pengkinian dan pembukaan rekening nasabah
·         Mengarsip biodata pengkinian dan pembukaan rekening nasabah
·         Melegalisasi biodata pengkinian dan pembukaan rekening nasabah
·         Mengagendakan permohonan jaminan dan permohonan kredit
h.      Staff
Tugas staff antara lain :
·         Membantu pengarsipan bukti jaminan nasabah kredit
·         Membantu pengarsipan biodata pengkinian dan pembukaan rekening nasabah
·         Membantu pengarsipan biodata pengajuan permohonan kredit
·         Mengisikan saldo rekening Koran kredit
·         Membantu menarik tabungan ke beberapa desa



                                                                           BAB III
                                               PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN
1.      PELAKSANAAN
      Kegiatan Praktek Kerja Lapangan dilaksanakan pada tanggal 06 januari 2014 sampai dengan tanggal 29 maret 2014 bertempat di PD. BPR BKK PURBALINGGA CABANG KARANGREJA kecamatan karangreja kabupaten purbalingga, proses induksi ini merupakan proses awal bagi mahasiswa sebelum melaksanakan kegiatan PKL, kegiatan yang dilakukan antara lain:
a.       Penyusun mengambil formulir dan mendaftarkan diri untuk mengikuti PKL pada bagian BAAK  program D III Akademi Keuangan Perbankan Widya Buana Semarang, formulir tersebut di seraahkan kembali untuk dibuat surat izin PKL yang telah di tanda tangani oleh direktur Akademi Keuangan Perbankan Widya Buana Semarang.
b.      Penyusun menyerahkan surat izin PKL kepada  pimpinan cabang.
c.       Sebelum melaksanakan kegiatan PKL, peenyusun terlebih dahulu menemui pimpinan cabang untuk mendapatkan informasi dimana penyusun ditempatkan.

2.      PEMBAHASAN
a.       Pengertian PD. BPR BKK PURBALINGGA CABANG KARANGREJA
PD. BPR BKK PURBALINGGA CABANG KARANGREJA merupakan bidang usaha yang berbentuk perbankan yang di dalamnya melayani jasa simpanan nasabah dalam bentuk tabunganku, tamades, maupun deposito dan  PD. BPR BKK PURBALINGGA CABANG KARANGREJA juga meminjamkan modal usaha dalam bentuk kredit dengan jaminan berupa SHM, BPKB, SK Pegawai.
b.      Prosedur Pengajuan Permohonan kredit
Untuk mendapatkan kredit modal usaha, calon nasabah kredit diharuskan mengisi formulir permohonan kredit yang telah disediakan oleh PD. BPR BKK PURBALINGGA CABANG KARANGREJA dan ditandatangani oleh calon nasabah yang bersangkutan serta melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.
Dalam pengajuan permohonan kredit ini tidak semuanya akan disetujui oleh pihak BKK, karena BKK juga berhak menolak kredit yang diajukan pemohon. BKK menolak permohonan nasabah apabila nasabah tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh BKK.
                        Syarat-syarat pengajuan permohonan kredit antara lain :
a.       Jaminan berupa surat berharga seperti SHM, BPKB, dan SK pegawai
b.      Fotocopy KTP suamiistri, fotocopy Kartu Keluarga, pas foto suami istri ukuran 3x4
c.       Cek fisik aktiva tetap
Prosedurpengajuanpermohonankreditantaralain :
a.       Nasabah dating kekantor PD. BPR BKK PURBALINGGA CABANG KARANGREJA
b.      Nasabah mengisi formulir permohonan kredit dan menandatanganinya
c.       Nasabah menyerahkan persyaratan yang telah ditentukan oleh BKK
Ada pun prosedur pengajuan permohonan kredit tersebut dapat dilihat pada bagan sebagai berikut :
Gambar 3.Bagan prosedur pengajuan permohonan kr



                                                                      BAB IV
                                                                 PENUTUP
A.    Simpulan
Dari Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan yang telah dilaksanakan di PD. BPR BKK PURBALINGGA CABANG KARANGREJA, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
1.      Kegiatan Praktek Kerja Lapangan adalah salah satu program untuk menerapkan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah, dan sangat membantu penyusun untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat di bangku kuliah.
2.      Proses Prakktek Kerja Lapangn  selama 3 bulan di PD BPR BKK Purbalingga cabang karangreja merupakan kegiatan yang sangat membantu penyusun untuk mengetahui dunia kerja yang sesungguhnya.
3.      Karyawan PD BPR BKK cabang karangreja memiliki tim kerja yang baik dan solid, saling membantu apabila karyawan lain membutuhkan bantuan.
4.      PD. BPR BKK PURBALINGGA CABANG KARANGREJA memberikan jasa pelayanan tabungan dan meminjamkan modal usaha kepada masyarakat di daerah purbalingga dan sekitarnya.
5.      PD. BPR BKK PURBALINGGA CABANG KARANGREJA memberikan kemudahan kepada nasabah dalam mengajukan permohonan kredit.
6.      Usaha untuk memajukan PD BPR BKK sangat besar, salah satunya mereka memberi kinerja yang baik.
B.     Saran
Berdasarkan kesimpulan dan pengamatan kami, kami memberikan saran sebagai berikut:
1.      Sebaiknya PD. BPR BKK PURBALINGGA CABANG KARANGREJA tetap menjaga kemudahan dalam proses pengajuan permohona nkredit agar nasabah merasa nyaman dalam meminjam modal usaha.
2.      Sebaiknya pelayanan jasanya terus ditingkatkan agar nasabah merasa nyaman dalam pelayanannya dan kuantitasnya semakin bertambah banyak.

2 komentar: